apa itu cms

Apa Itu CMS dan Macam-macam CMS

Apa itu CMS dan macam-macam CMS? Pertanyaan ini sering muncul saat Anda akan membuat website baru. Apalagi jika Anda adalah seorang pemula dunia website. Maka Anda harus mulai belajar mengenai hal ini demi kelancaran website yang sedang Anda kelola. Untuk selengkapnya, simak uraian berikut ini.

Apa Itu CMS?

CMS merupakan kepanjangan dari Content Management System. Content Management System jika di Bahasa Indonesiakan berarti Sistem Manajemen Konten. Lalu apa sih Sistem Manajemen Konten itu? Apakah sebuah program? Atau sebuah aplikasi?

CMS adalah sebuah software yang berisi kumpulan bahasa pemrograman. Software atau tools ini dapat memudahkan siapa saja untuk menambahkan atau mengubah isi sebuah situs website. Jadi, perangkat CMS memang diciptakan untuk memudahkan setiap orang dalam membuat atau mengelola suatu website yang dimiliki.

Hadirnya CMS membuat Anda tidak perlu lagi mengetik ulang bahasa pemrograman yang diperlukan saat membuat halaman website. Anda hanya tinggal mengedit saja apa yang perlu diubah dalam website Anda. Jadi sebuah web yang berisi beragam konten dinamis sangat cocok menggunakan CMS. Apa itu konten dinamis? Konten dinamis contohnya adalah artikel, foto atau video.

Macam-macam CMS

Sebelum memutuskan untuk menggunakan CMS, ada baiknya Anda ketahui dulu apa saja macamnya CMS. Ada banyak CMS yang tersedia di pasaran. Mulai dari yang harganya mahal hingga yang tanpa biaya atau gratis. Apa sajakah itu? Berikut beberapa diantaranya.

WordPress

Platform ini memang sudah sangat terkenal. WordPress menjadi salah satu CMS yang paling populer dipakai untuk banyak website dan juga blog. Mengapa platform ini sangat digandrungi banyak pengelola website? Salah satu alasannya adalah karena WordPress ini mempunyai sifat open source yang membuat siapa saja dapat ikut memberikan kontribusinya dalam CMS ini.

Selain itu, WordPress juga sangat mudah digunakan baik bagi pemula atau yang sudah ahli. Melalui WordPress, Anda dapat dengan mudah membuat web blog, web online shop, web corporate ataupun web portofolio dengan tambahan beberapa plug in. CMS yang satu ini pun mempunyai respon yang sangat kuat terhadap mesin pencari raksasa, Google.

Joomla

Selain WordPress, ada pula Joomla. Joomla menjadi salah satu CMS yang mempunyai dukungan komunitas yang sangat baik. Bahkan Joomla juga menghadirkan bermacam-macam ekstensi untuk menambah operasional website yang Anda miliki. Jadi Joomla merupakan sebuah CMS yang sangat menarik.

Meskipun begitu, Joomla banyak digunakan oleh yang sudah ahli. Mengapa demikian? Karena bagi pengguna baru, Joomla masih tergolong lebih rumit dibanding WordPress. Ada fitur menarik yang disediakan oleh Joomla. Apa itu? Joomla menyediakan sistem cache yang berguna untuk meningkatkan website.

Drupal

Sama seperti Joomla, Drupal juga merupakan CMS yang lebih rumit dibanding WordPress dan cocok digunakan untuk yang sudah mahir. Drupal memakai beberapa pilihan database yang berbeda yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Jadi Anda bebas mengatur framework yang Anda buat sendiri.

Apa Itu CMS dalam Penerapannya?

Untuk dapat menggunakan CMS untuk website baru milik Anda, diperlukan waktu yang cukup belajar hingga Anda mahir menggunakannya. Anda harus belajar mulai dari yang mudah terlebih dahulu. Setelah mengetahui apa itu CMS dan macam-macam CMS, sudah siapkah Anda belajar menggunakan CMS untuk membuat website?

Jangan khawatir jika Anda tidak punya cukup waktu untuk itu, karena Anda bisa menghubungi Astama Technology untuk mengatur bagaimana website yang Anda inginkan. Kunjungi saja https://astamatechnology.com/ untuk mendapatkan penawaran terbaik dalam membuat website.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konsultasi Gratis
Kirim via WhatsApp