Landing Page

Pengertian dan Fungsi Landing Page Pada Website

Landing page atau halaman landing harus dipahami dengan benar sebagai sesuatu yang tidak bisa dilepaskan dari sebuah web. Bagian ini menjadi bagian yang sangat menentukan bagaimana keberhasilannyna dalam menarik minat para pengguna internet.

Apalagi jika Anda bermaksud membuat website untuk usaha yang Anda miliki, maka wujud bagian halaman ini sangat penting.  Lalu apa itu halaman landing? Pahami uraian berikut untuk memahami halaman landing.

Pengertian Landing Page

Halaman landing memiliki pengertian suatu halaman yang ada dalam sebuah website yang didesain khusus untuk menarik minat pengunjung. Konsep yang digunakan pada sebuah halaman landing adalah konsep marketing/ pemasaran. Saat seseorang memutuskan untuk membuka sebuah website, halaman inilah yang pertama kali muncul.

Halaman ini bisa dibilang mewakili isi dari sebuah web. Desainnya dikhususkan untuk menuju halaman web yang berbayar. Maksud dari berbayar disini adalah mempengaruhi pengunjung untuk melakukan transaksi tertentu di website yang sudah dikunjungi. Dengan kata lain, halaman landing menjadi sarana untuk mengarahkan pengguna melakukan suatu aksi tertentu.

Fungsi Landing Page

Halaman landing mempunyai fungsi yang sangat berpengaruh pada jalannya sebuah website. Halaman ini memiliki 2 fungsi utama yang sangat penting, yaitu:

  • Mengumpulkan data pengunjung yang potensial

Data pengunjung yang potensial ini maksudnya adalah pengunjung sangat berpotensi untuk melakukan transaksi entah di saat ini atau saat nanti.

  • Mempercepat proses transaksi

Halaman ini didesain khusus untuk memudahkan pengunjung melakukan suatu aksi tertentu, khususnya transaksi. Jadi segala bentuk transaksi yang ada dalam web, dapat dengan mudah dicapai melalui halaman ini.

Jenis Landing Page

Halaman web yang khusus untuk melakukan promosi ini terbagi dalam 2 jenis, yaitu:

Lead Generation

Halaman landing dengan jenis lead generation ini bentuknya menyerupai sebuah formulir yang harus diisi oleh pengunjung. Bentuk ini secara khusus akan menyimpan data dari pengunjung yang sudah diisikan. Data yang diperoleh pun bermacam-macam, mulai dari nama, alamat, tanggal lahir, usia hingga status perkerjaan.

Biasanya pihak pemilik website akan memberikan suatu reward tertentu atas informasi pribadi yang sudah diisikan oleh pengunjung. Reward ini sebagai bentuk ungkapan terima kasih karena dengan data yang sudah diisikan tersebut, berarti pihak pengelola dapat memberikan iklan atau tawaran yang sesuai dengan apa yang sudah ditargetkan.

Click Through

Jenis halaman landing yang satu ini dapat otomatis membuat pengunjung masuk pada halaman tertentu. Biasanya halaman yang menjadi tujuan dari landing model ini adalah web situs e-commerce.

Landing ini sangat efektif untuk menarik pengunjung datang ke web yang dituju. Pengunjung biasanya sangat tertarik melihat iklan yang sudah ditawarkan. Dengan mengklik landing click through, pengunjung dapat melihat-lihat tawaran lain yang mungkin sesuai dengan apa yang dicari.

Manfaat Halaman Landing untuk Usaha Online

Banyak pengelola website yang menggunakan cara ini untuk meningkatkan usaha yang dimiliki. Cara ini sudah terbukti cukup efektif untuk membuat pengunjung datang ke halaman web yang diinginkan. Hal ini sangat bermanfaat untuk setiap pelaku usaha online.

Penjualan akan terus meningkat dengan penggunaan halaman landing ini. Selain itu, hal ini juga bisa menjadi sarana promosi terbaik yang bisa menarik banyak pengunjung dengan cepat.

Untuk membuat landing page yang baik, sebaiknya Anda menggunakan jasa yang sudah profesional. Astama Technologi merupakan salah satu penyedia jasa yang dapat meningkatkan website Anda. Kunjungi Astama Technology (Jasa Pembuatan Website & Landing Page) untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konsultasi Gratis
Kirim via WhatsApp