Web Domain Nama Sendiri

Menulis di Blog dengan Web Domain Nama Sendiri

Suka menulis dan ingin punya web domain nama sendiri? Memimpikan punya sebuah blog pribadi? Hal tersebut dapat Anda wujudkan dengan mudah, lho.

Menulis semua ide-ide kreatif yang Anda miliki dalam blog memang sebuah kesenangan tersendiri. Terlebih jika blog tersebut mengandung web domain nama sendiri. Untuk membuat sebuah blog pribadi, Anda perlu mengetahui segala yang berkaitan dengan web domain. Sebelum memutuskan membuat blog pribadi, pelajari dulu seluk beluk web domain.

Pengertian Web Domain Nama Sendiri

Web domain adalah sebuah nama unik untuk sebuah web yang ditujukan sebagai penunjuk alamat server di internet. Nama unik ini mempermudah bagi pengguna untuk mengingat alamat server yang akan dikunjungi. Hal tersebut dikarenakan domain bisa mewakili deretan angka IP addres yang sulit untuk diingat. Jadi, domain ini sangat mudah diingat dan dihafal.

Jenis-jenis Domain dan Apakah Bisa Web Domain Nama Sendiri?

Ada banyak jenis domain yang bisa Anda pilih untuk alamat web Anda. Apa sajakah itu?

1.    Top Level Domain (TLD)

Jenis ini merupakan jenis yang paling banyak bertebaran di internet. Ada banyak sekali TLD yang bisa dipilih. Namun jenis TLD terbanyak yang digunakan adalah .com, .net, dan .org. TLD mudah dihafal dan bersifat global. Anda bisa memilih domain ini untuk blog pribadi yang universal.

2.    Country Code Top Level Domain (ccTLD)

Jenis yang masih bagian dari TLD ini dibuat berdasarkan kode singkatan negara tertentu. Hal ini menunjukkan situs yang menggunakan domain ini berarti berada di negara tersebut. Domain ccTLD hanya terdiri dari 2 huruf, misalnya .us, .jp, .id dan masih banyak lagi.

3.    Generic Top Level Domain (gTLD)

Jenis penggunaan domain gTLD mengarah pada sebuah alamat web yang lebih spesifik. Domain yang merupakan bagian TLD ini biasa digunakan untuk lembaga atau bidang tertentu seperti .edu yang khusus untuk pendidikan, .gov yang khusus untuk pemerintahan, .org yang khusus untuk organisasi dan sebagainya.

4.    Second Level Domain (SLD)

Jenis domain yang satu ini berada di urutan tepat di bawah TLD. Domain ini lebih spesifik dibanding TLD. Contohnya adalah .co.id yang digunakan oleh Indonesia, .co.uk yang digunakan oleh Inggris, .gov.uk yang digunakan untuk pemerintahan dan masih banyak lagi.

5.    Sub Domain

Jenis ini tidak mengharuskan Anda menggunakan tambahan untuk domain. Sub domain biasanya dibuat secara terpisah dari web utama. Contoh nyatanya adalah support.google.com yang berisi macam-macam informasi yang masih berada dalam satu server milik google.com. Jadi penggunaan sub domain ini mengarah untuk bagian tambahan yang ada dalam sebuah situs web.

Web Domain Nama Sendiri

Sebuah nama domain mengandung 2 hal yang paling utama, yaitu nama website dan nama domain. Namun, Anda harus melakukan regristrasi nama domain ke organisasi Internet Corporation for Assigned Names and Numbers atau biasa disebut ICANN. Lembaga inilah yang akan membuat ekstensi nama domain dan merawat database.

Jadi Anda bisa menentukan sendiri nama domain yang akan Anda gunakan untuk blog pribadi Anda. Bahkan Anda juga bisa menggunakan nama sendiri untuk membuat blog pribadi misalnya saja mfikri.com. Blog dengan nama sendiri lebih mudah diingat daripada dengan nama lain, lho.

Jika masih bingung bagaimana membuat blog pribadi dengan web domain nama sendiri, Anda bisa menggunakan jasa Astama Technology yang sudah terpercaya. Kunjungi saja situs Astama Technology (Web Desain) atau Whatsapp di 081227227991 untuk mendapatkan blog pribadi yang Anda impikan. Anda hanya tinggal memesan apa yang diinginkan dan blog pribadi Anda akan terwujud.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konsultasi Gratis
Kirim via WhatsApp